Rabu, 02 September 2015

Budaya,ciri khas,kota Malang

Budaya Kota Malang
          Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur, dan dikenal dengan julukan kota dingin. Etnik masyarakat Malang terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada Malang.



Di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, Sendra tari, saat ini bertambah kesenian baru yang semakin berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian “BANTENGAN” kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas dan inovasi masyarakat asli Kota Malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat Malang namun baru sekaranglah “BANTENGAN” lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga sampai luar daerah bahkan mancanegara. Khusus di Malang sering diadakan pergelaran bantengan hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Ciri Khas Kota Malang
Masyarakat malang terkenal Religius, Dinamis, Bekerja Keras, Lugas, dan bangga terhadap identitasnya sebagai arek malang (AREMA). Orang malang yang asli malang, pasti sudah sangat mengenal dengan boso walikan  yang sering di gunakan, kebanyakan orang asli malang yang sudah lama tinggal di malang sering menggunakan boso walikan. Contohnya antara lain :
-Ker (Rek)
-Sam (Mas)
-Ngalam (Malang)
-Ongis Nade (Singo Edan), dll.
Makanan Khas Malang
Makanan khas malang adalah bakso dan kripik tempe. Di Kota Malang banyak berbagai aneka ragam bakso. .Aneka ragam bakso di kota Malang antara lain :
  •            Bakso Bakar Malang
  • -                    Bakso Cak Kribo Malang
  •             Bakso Presiden Malang
  •            Bakso Mercon Malang

  . Kripik Malang rasanya juga gak kalah enaknya dengan keripik-keripik lainnya. Kalau mengunjungi Kota Malang tidak menikmati bakso dan keripik tempe kalian akan rugi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar